Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Cabe Untuk Kesehatan yang Kamu Tidak Ketahui

Fakta Pedia - Manfaat cabe untuk kesehatan sangat baik, meskipun terlihat pedas namun banyak manfaat yang diberikan oleh bahan masakan tersebut,lho. 

Sebagian besar masyarakat yang hidup di asia tropis, sudah tidak asing lagi dengan masakan atau racikan pedas. Salah satu jenis racikan pedas itu ialah berbahan cabe serta cabe yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat adalah cabe. 

Cabe atau Capsicum frutesicum merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran, tanaman ini sering digunakan untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam. 

Selain itu, cabe ini memiliki kandungan capsaicin. Sifat-sifat ayng diberikan oleh zat capsaicin pada cabe adalah anti inflamasi, anti alergi, anti jamur dan anti iritasi. 

Nah, meskipun cabe ini sering dihubungkan dengan gangguan pencernaan, namun ternyata siapa sangka kalau cabe memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. apa saja ya?

Kandungan Nutrisi Pada Cabe

Cabe menyumbangkan kebutuhan asupan gizi harian atau nutrisi yang direkomendasikan seperti: 

  • Energi 
  • Protein 
  • Lemak 
  • Karbohidrat 
  • Kalsium 
  • Fosfor 
  • Zat besi 
  • Vitamin A 
  • Vitamin B1 
  • Vitamin C 
  • Air 

Selain nutrisi diatas, cabe juga ternyata memberikan beberapa mineral penting seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium dan zinx serta beberapa fitonutrisi seperti betakaroten, alfakaroten, zea xanthin, lutein dan betakriptosantin. 

 

Manfaat Cabe untuk kesehatan 

Berikut beberapa manfaat cabe yang baik untuk kesehatan: 

1. Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis

Cabe memiliki manfata sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan alami daric r yang memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang sangat tinggi. maka dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis.

2. Pereda Demam Tinggi

Tidak disangka cabe dapat menurunkan demam dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternative yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang digunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

3. Anti Kanker

Kerja cabe dalam masalah kanker ini yaitu dengan cara menghilangkan sel aknekr yang ada dalam tubuh, tetapi proses ini tidak merusak sel normal yang ada pada tubuh. 

Kandungan yang ada dalam cabe yang menangani penghilangan sel kanker adalah capsaicin, namun tidak dianjurkan pula dengan mengonsumsinya secara berlebihan.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Cabe memiliki berbagai nutrisi yangs angat baik untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali adanya vitamin C. dimana vitamin ini berfungsi dalam emlindungi tubuh dai berbagai penyakit. Oleh karena itu, kekebalan tubuh manusia dapat etrjaga agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. 

5. Sebagai Antibiotik

Cabe mengandung senyawa antioksidan.s elain itu, cabe ini juga memiliki kandungan fito-kimia, antara lain solamine, solamidine, steoid saponin, solasomine dan solamargine. Kandungan saponin inilah yang berkhasiat sebagai antibiotik. 

Jadi, itulah beberapa manfaat cabe untuk eksehatan, meskipun memiliki manfaat yang baik namun dalam mengonsumsi cabe harus diperhatikan. 

Mengonsumsi secara berlebihan sangat tidak disarankan, sebab kandungan capsaicin dalam cabe meyebabkan iritasi parah jika dimakan secara berlebihan yang disertai sensasi rasa panas pada mulut, lidah dan tenggorokan serta juga bisa menyebabkan sakit perut sehingga menjadi gangguan pada pencernaan. 

Itulah beberapa manfaat dari cabe yang baik untuk kesehatan tubuh Kamu. Untuk mendapatkan cabe dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya. 

Selain cabe, kamu juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar